Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Melalui SMS

Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak
Malam gengs, sudah tahu belum kalau cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa lewat sms? Kalau sudah pada tahu silahkan tinggalkan artikel ini, atau mencari info lain di situs ini, tetapi bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek lewat sms, baca artikel ini sampai selesai karena saya akan memberikan informasi kepada anda.

Selain melalui sms sebenarnya anda juga bisa cek aktif atau tidak melalui aplikasi android ataupun ke situsnya langsung, namun banyak kendala jika harus menggunakan koneksi internet apalagi jika sedang tidak ada kuota atau jaringan tidak stabil maka jalan satu-satunya adalah via SMS. Eits,,ada tapinya..pastikan dulu hp anda ada pulsanya ya karena untuk mengecek dikenakan tarif khusus tapi gak sampai Rp 500 kok.

BPJS atau biasa kita kenal jamsostek selalu memberikan kemudahan dalam segala hal mulai dari Antrian online BPJS sampai proses pencairan bisa dilakukan secara online asal anda tahu caranya. Apalagi di masa pandemi covid 19 seperti saat ini, daripada antri lebih baik menggunakan SMS.

Bagi anda yang ingin mencairkan saldo JHT ada baiknya cek dulu apakah kartu JHT anda masih aktif atau tidak. Ini penting demi kelancaran dalam proses pencairan dana karena jika masih aktif maka saldo yang ada pada akun jht tidak bisa cair. Tetapi sebenarnya untuk status aktif atau tidak berjalan secara otomatis. Saat  PT tidak lagi menyetorkan iuran perbulan karena pekerja sudah resign atau tidak bekerja lagi maka status akan tidak aktif. Tetapi ada juga kasus dimana pekerja sudah tidak bekerja karena sudah masa pensiun ternyata status Kartu JHT masih aktif, alhasil saldo tidak bisa dicairkan.

Langkah awal sebelum mengecek status aktif atau tidak anda harus daftar terlebih dahulu dengan SMS ke 2557. Baru setelah aktif anda bisa cek dengan format pendaftaran sebagai berikut:

DAFTAR (spasi) SALDO#NOMOR KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR#NOMOR KARTU BPJS/JAMSOSTEK#EMAIL AKTIF

Pastikan semua di isi sesuai dengan data anda tanpa kurang satupun, karena jika ada yang kurang maka sistem akan menolaknya. Untuk itu cek dengan teliti nomor ktp sampai kartu bpjstk.

Kemudian Send ke 2557

Setelah aktif baru kemudian anda bisa cek kartu JHT/BPJSTK dengan format berikut ini:

STATUS SPASI TK#NOMER PESERTA

Jika sudah send ke 2557

Tetapi, jika ternyata nomor hp anda sudah di daftarkan maka tidak perlu daftar lagi. Semisal pernah di daftarkan untuk cek saldo JHT lewat Sms maka nomor anda sudah aktif.

Terus, bagaimana jika nomor hp sebelumnya hilang atau ganti yang baru?

Tentu anda bisa merubah dan mengganti Nomor Hp yang baru dengan format:

DAFTAR (SPASI) GANTI (SPASI) HP#NOMOR HANDPONE LAMA#NOMOR KTP

Kirim ke 2557.

Sekian cara mudah dan cepat mengetahui apakah BPJSTK/JHT masih aktif atau tidak melaui sms 2557. semoga bermanfaat dan membantu bagi yang yang belum tahu.